11 Tips Ampuh Bisnis Agen Koran dan Majalah


Anda ingin menekuni bisnis ? Cuma punya uang kurang dari Rp. 5 Juta ? Mau ? Yuk ikuti ulasan artikel ini. Nah, buat anda yang pingin mencoba bisnis dengan modal minim, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis agen koran dan majalah. Bisnis ini cukup menjanjikan dan bisa menghasilkan profit yang lumayan, asalkan anda jalankan dengan tekun. Alasannya sederhana, karena sekarang ini masyarakat ingin mencari berita atau perkembangan informasi terkini melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, serta tabloid.

Memang sebagian orang berpendapat bahwa sekarang adalah era internet, sehingga orang lebih senang mencari berita di internet daripada membaca surat kabar. Pendapat tersebut ada benarnya bagi masyarakat yang melek internet dan senang browsing (berselancar) di dunia maya (internet). Namun jangan lupa, bahwa sebagian besar masyarakat di Indonesia masih lebih senang membaca koran, majalah, serta tabloid. Tidak semua orang paham mencari berita di internet, selain perlu melakukan searching berita, juga perlu biaya internet, waktu yang cukup, dan juga perangkat untuk browsing semisal Handphone, Gadget, Tablet, Laptop, Komputer, dll. Jadi kesimpulannya bahwa bisnis agen koran dan majalah masih sangat menjanjikan.

Jika anda tertarik dan ingin menekuni bisnis agen koran dan majalah, yuk simak 11 Tips ampuh bisnis agen koran dan majalah berikut ini :
  1. Carilah lokasi yang strategis, seperti terminal, dekat perempatan jalan, sekitar mal, halte bis, stasiun kereta api, pasar swalayan, sekitar perkantoran, di pusat perbelanjaan, atau pinggir jalan yang ramai dilalui orang serta kendaraan. Semakin strategis lokasinya, semakin besar pula omzet yang bisa diperoleh.
  2. Target pasar untuk bisnis agen koran dan majalah ini sangat luas, meliputi semua segmen, mulai anak-anak, remaja hingga orang dewasa bisa dijadikan target. Oleh karenanya, anda harus menyediakan dagangan seperti majalah, tabloid untuk anak-anak, remaja, dewasa, ibu rumah tangga, karyawan, wiraswasta, dll.
  3. Lengkapi dagangan anda dengan memilih koran, majalah, atau tabloid yang banyak diminati, sehingga dagangan anda laris manis diserbu oleh konsumen.
  4. Untuk menjadi agen koran, anda harus mengajukan izin kepada para distributor resmi yang ditunjuk. Distributor merupakan penyalur atau perantara penerbit dengan agen atau pengecer. Distributor melayani pembelian dalam jumlah besar dari agen. Dan agen langsung menjualnya secara eceran kepada konsumen. Penuhi persyaratan yang ditentukan distributor agar bisnis agen koran dan majalah anda bisa beroperasi
  5. Cari distributor koran dan majalah yang menawarkan harga lebih murah dan kompensasi yang memberikan keuntungan. Misalnya, apabila dagangan Anda tidak habis terjual maka sebagian produk bisa dikembalikan dengan harga tertentu (penuh). Tujuannya adalah mendapatkan profit yang optimal dan meminimalkan resiko kerugian akibat barang tidak laku.
  6. Sediakan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan, seperti meja dan rak untuk memajang koran, majalah, dan tabloid. Sediakan juga kendaraan seperti motor atau sepeda untuk mengantarkan koran, majalah, atau tabloid kepada konsumen yang memilih berlangganan kepada anda
  7. Sediakan modal untuk membeli stok koran, majalah, dan tabloid yang akan dijual.
  8. Lakukan promosi dari mulut ke mulut kepada para rekan maupun kerabat dekat Anda. Atau pajang koran atau majalah yang anda dijual dengan posisi yang menarik pada rak atau display yang telah anda buat, sehingga setiap orang yang lewat di depan kios Anda dapat melihat dan tertarik mampir membeli dagangan Anda.
  9. Berikan pelayananan yang baik kepada setiap pembeli. Anda bisa memberikan potongan harga khusus bagi konsumen yang membeli koran maupun majalah dalam jumlah yang banyak. Tujuannya untuk merebut hati konsumen, sehingga mereka tidak segan untuk kembali membeli koran, majalah, atau tabloid dari anda.
  10. Tawarkan sistem berlangganan setiap bulan kepada konsumen setia anda dengan harga yang menarik. Dengan cara ini anda akan mendapat pelanggan setia dan dapat memaksimalkan keuntungan.
  11. Keuntungan yang bisa anda peroleh dari bisnis agen koran dan majalah ini,rata-rata 15 sampai 20%

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Dear Abang/Neng yang cakep dan baik hati.... Jika ingin meninggalkan komentar, jangan lupa mengisi ID-nya.... Btw, dengan segala kerendahan hati, kalo tidak keberatan tolong di share (berbagi) artikel yang ada di blog mas BW via facebook, twitter, google+, dsb, kepada keluarga, kerabat, sahabat, teman, dll siapa tau infonya bisa bermanfaat buat orang lain, hitung-hitung sebagai amal jariyah..Terima kasih, sudah berkunjung ke blog Mas BW... salam hangat : Bambang Warsita